Keistimewaan dan Manfaat Surah Ali Imran

Keistimewaan dan Manfaat Surah Ali Imran
Surah ini mengandung banyak sekaii khasiat dan keutamaan ,sebagai doa pelindung, doa pembuka rejeki,pengasihan,pengobatan. Surah Ali Imran ini dan surah Al Baqarah dinamakan "Az Zahrawaani" (dua yang cemerlang), karena kedua-dua surah ini mengungkapkan hal-hal yang disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian dan kelahiran Nabi Isa, kedatangan NabiMuhammad dan sebagainya.
Surah Ali ‘Imran ini diturunkan di madinah mempunyai 200 ayat. Dinamakan Ali Imran kerana memuat kisah keluarga Imran yang di dalam kisahnya disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam puteri Imran, ibunda  Nabi Isa.
 
Surah Al imran ini memiliki kandungan banyak sekaii manfaat serta keutamaan, sebagai doa pelindung, doa pembuka rejeki, pengasihan, penyembuhan. dll

surah ali imran ini serta surah al baqarah diberi nama az zahrawaani ( dua yang cemerlang ), dikarenakan kedua-dua surah ini mengungkap perihal yang disembunyikan oleh beberapa pakar kitab, layaknya perihal serta kelahiran nabi isa, kehadiran nabimuhammad dan seterusnya.

surah ali ‘imran ini diturunkan di madinah memiliki 200 ayat. diberi nama ali imran kerana berisi cerita keluarga imran yang didalam kisahnya dijelaskan kelahiran nabi isa, persamaannya dengan nabi adam, kenabian serta sebagian mukjizatnya, dan dimaksud juga kelahiran maryam puteri imran, ibunda nabi isa.
keutamaan surah al imran

sangat banyak keutamaan surah ini diantaranya :

sabda rasulullah saw : “barangsiapa pelajari, menghafal serta mengamalkan surah ini, dia memperoleh balasan yang besar di segi allah swt. kelak di akhirat, surah ini dapat jalan dengan surah albaqarah melayang-layang layaknya awan, berikan perlingungan atau payung. ia dapat membuat perlindungan dari semua bahaya api neraka.

nabi muhammad s. a. w bersabda yang bermaksud : ” didalam tiga surat ada asma allah al-a’zham di mana bila untuk berdoa pada allah maka terkabullah serta bila untuk memohon maka terpenuhilah yaitu di dalam : surat al-baqarah, permulaan surat ali imran serta didalam surat thana.

imam ad-dailami dari imam makhul menyebutkan : “barangsiapa membaca surat ali imran pada hari jumaat maka beberapa malaikat memohon keampunan untuknya hingga malam hari. ”

juga imam ibnu zanjawaeah dari imam wahab ibn munabih menjelaskan : “barangsiapa membaca surat al-baqarah serta ali imran saat malam jumaat maka baginya nur sinar di antara arasy serta basic bumi. ”

dari teman dekat utsman bin affan r. a. imam ad-darimi menyebutkan dari teman dekat utsman ibn affan r. a. yang bermaksud :

“barangsiapa membaca akhir surat al-fatihah, ayat kursidan dua ayat surat ali imran ( iaitu ) ( innafi qlfissamawati…ila akhirissurati ) saat malam hari, maka ia tercatat lakukan ibadah seluruh malam. ”

serta siapa membaca surah al-fatihah, ayat kursi serta dua ayat surah ali imran, dibacanya saat setelah sembahyang fardhu, maka area kembalinya yaitu syurga.
 Surah al imran dan manfaatnya

di antara manfaat surah ini didalam kehidupan seperti berikut :

1. ayat 200

- ditulis pada roti lantas diberikan untuk wanita yang biasa keluar tempat tinggal tanpa izin, maka insyaallah jadi baik, serta tak akan keluar tanpa izin.

- ayat 200 ini juga diamalkan untuk menwujudkan kasih sayang suami didalam tempat tinggal tangga.

- untuk jadi doa supaya anak jadi anak yang berbakti serta pandai maka ayat 200 serta ayat 19 surah as-shura dibaca serta dicium atau ditiup pada ubun-ubun anak. dapat juga ditiup pada air serta masakan.

2. barangsiapa membaca ayat 1 – 3 dari surah ini, dia dapat di hindari dari semua penyakit serta selamat dari masalah jin.

3. . baca ayat 1-2 berulang-ulang kali, insyaallah ia dapat jadi sesuatu kesabaran untuk orang yang tengah ditimpa musibah, kesulitan, kesempitan hidup dikarenakan didalamnya terdapat nama allah yang agung.

dibacakan ayat 1-2 ini sejumlah banyaknya pada orang yang tengah sakit, insyaallah dapat diampuni dosanya.

4. ayat 8 dibaca setiap saat selesai lakukan solat fardhu, insyaallah pembacanya dapat mati didalam beriman.

5. sebagian amalan doa selepas solat yang bisa menyebabkan kasih sayang pada suami isteri, anak-anak, kaum kerabat, jiran-jiran, rekan-rekan, orang bawahan dan lain-lain yakni membaca surah al imran ayat 31. amalkan ayat ini tiap-tiap hari selesai solat fardhu lima waktu.

6. bila memiliki problem perniagaan, sebagai doa penglaris amalkanlah membaca ayat surah ali imran ayat 37, diamalkan saat mengupayakan suatu hal serta dibacalah juga sesudah solat fardhu.

7. didalam kehidupan 1 hari hari, kita banyak lakukan kekeliruan dosa, terlebih dosa-dosa kecil. baca ayat 16 untuk memohon keampunan dari allah swt.

8. bacalah ayat 26 sejumlah 7 kali setelah shalat subuh serta 7 kali setelah shalat maghrib serta jadikan amalan tiap-tiap hari. insyaallah, dapat dibukakan untuk orang yang mengamalkannya rezeki untuk membayar hutang-hutangnya.

9. bacalah ayat 38 berulang-ulang kali spesial setelah shalat fardhu serta saat isteri tengah hamil, insyaallah dapat dikurniai seorang anak yang soleh.

10. . ayat 53 yaitu doa supaya tergolong orang beriman. amalkanlah membaca doa ini untuk dibangkitkan didalam rombongan nabi muhammad saw pada hari akhirat kelak. pada kelebihannya adalah bila diucapkan setelah shalat sebelum saat berbicara, maka allah swt dapat memasukkannya didalam doa tiap-tiap makhluk-nya di lautan serta daratan. ( tafsir al-fakhrurrazi, tafsir ayat 53, surah ali-imran ).

11. bacakan ayat 83 untuk melembutkan hati. baca 3x serta tiupkan pada orang atau air untuk di minum.

12. ayat 173 yaitu doa jika hadapi tekanan / stress. baca ayat ini sebanyak-banyaknya sebagai zikir, insyaallah hati dapat jadi tenteram.

13. barangsiapa yang pingin agar isterinya gampang bersalin, bacalah ayat 191 sejumlah 3 kali pada pusar isterinya sembari diusap-usap dengan tangannya saat akan tidur, kerjakan amalan ini hingga ia bersalin, insyaallah tuhan swt memudahkannya.

14. amalan rasulullah saw. selepas solat tahajjud membaca doa ayat 190-194 dikarenakan saat itu yaitu di antara waktu doa dikabulkan oleh allah swt. selesai membaca ayat ini, mintalah pada allah swt semua suatu hal yang di idamkan, baik untuk kepentingan dunia ataupun akhirat, insyaallah dapat dikabulkannya.

15. ayat 190 – 194 serta ayat 199 dibacakan pada air serta diberi minum pada yang punya masalah rumahtangga sebagai perukun rumahtangga.

Komentar