Struktur dalam Batang Berkayu

Struktur batang pada tumbuhan terbagi menjadi tiga jenis yaitu kalmus (tipe batang pada tumbuhan rumput), Herba (tipe batang yang berair), dan tipe batang berkayu, Pada tumbuhan berbatang kalmus dan herba tidak memiliki jaringan kayu, bagian luarnya terdiri atas epidermis yang tipis.

Pada tumbuhan berkayu, permukaan batannya keras dan terdapat Lentisel, Lentisel berfungsi sebagai tempat pertukaran gas di batang. Batang berkayu yang masih muda dan berwarna hijau dapat melakukan proses fotosintesis karena mengandung jlorofil.


Struktur dalam batang berkayu terdiri atas epidermis, korteks, dan silinder pusat, ayo kita pelajari bagian per batang.

1. Epidermis
Lapisan epidermis batang dibentuk oleh satu lapisan sel yang susunannya rapat dan tidak memiliki ruang antarsel. Pada dinding sel sebelah luar terdapat lapisan kutikula yang berguna untuk melindungi batang dari kekeringan

2.Korteks
Korteks terdapat di bagian dalam setelah lapisan epidermis, korteks terdiri atas sel-sel parenkim yang tidak beraturan sehingga menciptakan banyak ruang antarsel. Fungsi korteks adalah sebagai tempat persediaan makanan pada batang

3. Silinder pusat
silinder pusat terletak di sebelah dalam korteks. Silinder pusat ini terdiri atas beberapa bagian yaitu pembulu kayu (xilem) pembuluh tapis (floem), dan empulur. xilem dan floem membentuk suatu berkas yaitu pembuluh angkut.

Komentar